Wisata danau laut tawar takengon aceh tengah

Danau laut tawar takengon aceh tengah dapat dinikamti dari dataran perbukitan tinggi gayo dan daerah ini masuk wilayah kabupaten aceh tengah dengan ibukota takengon. Di ketinggian gayo kota kita dapat menikmati secara menyeluruh pemandangan laut tawar juga lapangan terbang rembele, lapangan balapan kuda di kecamatan pegasing dan ibu kota aceh tengah.

Dataran tinggi gayo adalah daerah dengan suasana alam yang sejuk dengan suhu rata-rata berkisar 20 derajat celcius. Disini adalah daerah asal kopi yang cukup terkenal yaitu kopi gayo dan kalau mau kita dapat berjalan-jalan diseputaran kebun kopi. Disekitar danau laut tawar takengon aceh tengah adalah daerah argowisata. Didanau ini hidup spesies ikan yang hanya ditemukan di danau ini yaitu ikan deupik. Penginapan yang ada disini tidak besar tetapi cukup bersih dan nyaman untuk  disinggahi.

Asal mula terbentuknya danau laut tawar takengon aceh tengah menurut cerita rakyat setempat dilatar belakangi sebuah kisah percintaan antara putri kerajaan takengon dengan seorang pria dari kerajaan lain yang tidak disetujui orang tua sang purtri. Meskipun demikian sang putri lebih mengedepankan kecintaannya kepada sang pria dan rela meninggalkan kedua orang tuanya. Ketika sang putri akan berangkat ke tempat sang pria, sang ayah berpesan jangan sekali-kali menengok kebelakang. Dalam perjalanan yang ditemani sejumlah prajurit sang putri secara tidak sadar menoleh ke belakang dan tiba-tiba petir bergelegar dan hujan lebat. Melihat hal tersebut para prajurit menasehati sang putri untuk berhenti sejenak disebuah gua. Ketika hujan dan petir sudah reda, prajuritpun memanggil sang putri tetapi dia sudah berubah menjadi batu. Inilah cerita rakyat yang berkembang tentang asal mula terbentuknya danau laut tawar takengon aceh tengah yang terjadi dari hujan lebat. Berikut adalah sekilas pemandangan danau laut tawar sebagai salah satu tempat wisata di aceh khusunya di kabupaten takengon aceh tengan yang layak anda sambangi.