Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui – Sabang

Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui adalah pantai yang ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing yang berlokasi di pulau sabang. Pantai ini mempunyai pemandangan bawah laut yang menakjubkan sehingga cocok untuk anda yang hoby berenang, snokling maupun menyelam.

Posisi pantai teupin layeu adalah disebelah barat laut kota sabang berada di sebuah desa bernama iboih.Untuk berkunjung ke lokasi dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Waktu tempuh dari kota sabang sekitar 30 menit. Jika menumpang kendaraan umum maka perjalanan dimulai dari Pelabuhan Balohan dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Kendaraan umum yang digunakan disini berupa mobil L-300.

Ketika kita sampai dilokasi pantai, maka akan kita temukan kios-kios yang menjajakan makanan maupun yang menyewakan alat menyelam dan snokling serta bungalo yang disewakan dengan tarif yang bervariasi.

Sumber penerangan dipantai ini tidak bersumber dari PLN melainkan dari genset-genset yang mulai dioperasikan mulai pukul 19.00 sampai pukul 00.00.

Pengunjung dihari biasa tidaklah sebanyak ketika musim liburan. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah kita tidak menyewa peralatan snokling dan sewa kapal pada hari jum'at sampai sholat jum'at selesai. Dan setiap tanggal 26 Desember dilakukan peringatan tragedi Tsunami yang dilaksanakan di Masjid di desa Iboih.

Demikianlah sekilas patai teupin layui sebagai salah satu tempat wisata di aceh yang dapat anda kunjungi ketika berlibur ke Sabang Provinsi Aceh Darussalam.